Jumat, 25 Januari 2013

MDF ( MAIN DISTRIBUTION FRAME )


MDF adalah unit terminal berkapasitas besar sebagai tempat terminasi kabel dari sentral
dan kabel primer dari tempat tambat awal kabel primer yang menuju ke jaringan.
MDF sebagai salah satu unit yang ada di PT. Telkom STO (Sentral Telepon Otomat)
mempunyai fungsi-fungsi khusus, yaitu :
a.Tempat penyambungan antara kabel primer dengan kabel dari sentral;
b.Tempat pengetesan dalam melokalisir gangguan;
c.Tempat melakukan mutasi;
d.Tempat mengisolir pelanggan karena administrasi;
e.Memungkinkan pengukuran secara terpisah antara saluran ke sentral dan saluran ke arah pelanggan.
f.Melaksanakan omset saluran pelanggan.

g. pemasangan jaringan telepon baru

Jaringan telepon merupakan syarat wajib untuk dapat menikmati layanan TELKOM, karena koneksi internet dilakukan lewat kabel telepon. Yang pertama dilakukan adalah menghubungkan jaringan telepon yang berada di ruang MDF dengan DSLAM.

DSLAM (Digital Subscriber Line Access Multiplexer) adalah sebuah peralatan yang berfungsi menggabungkan dan memisahkan sinyal data dengan saluran telepon yang dipakai untuk mentransmisikan data, peralatan ini terletak di ujung sentral telepon terdekat. Berfungsi juga sebagai multiplexer. Perangkat ini merupakan sebuah syarat dalam pengimplementasian jaringan Digital Subscriber Line (DSL).
DSLAM terhubung dengan jaringan internet yang disediakan ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan internet sehingga akses internet dapat terkoneksi. 

Dari ruang MDF jaringan internet disalurkan ke RK (Rumah Kabel) menggunakan kabel primer yang kemudian bercabang pada tiap tiang telepon di DP (Distribution Point) dengan kabel sekunder yang nantinya akan masuk KTB (Kotak Terminal Batas) ke rumah- rumah pelanggan telepon. Jaringan yang bagus pada jaringan telepon adalah jaringan yang tidak melebihi 10 saluran telepon dalam satu tiang induk atau minimal memiliki nilai redaman minumal 10 hz. Jika nilai redamannya kurang dari 10 hz maka akan menyebabkan sering adanya gangguan jaringan SPEEDYnya.

Semakin dekat posisi anda dengan RK, semakin baik. Apalagi posisi RK dekat dengan STO, ini lebih baik lagi. Teknologi ADSL memiliki keterbatasan jarak tidak bisa terlalu jauh dari sentral. Jika kondisi jaringan baik, maka koneksi telepon/speedy/IPTV anda akan berjalan mulus (kecuali kalo ada hangguan masal dari pusat).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar